Kelas Peminatan

Kelas Programming

Sahadhu membuka tiga kelas pemrograman bagi siswa yang memiliki minat pada programming. Ketiga kelas ini memiliki kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri saat ini.

Yayasan Pendidikan Sahabat Yatim Piatu Dan Dhuafa Sahadhu

Mobile - frontend engineer

Jurusan Mobile Frontend Engineer di khususkan bagi siswa yang memiliki minat pada teknologi mobile aplikasi. Selesai masa pendidikan selama 8 bulan, diharapkan siswa sudah dapat membangun sistem aplikasi mobile yang kompleks dengan menggunakan stack teknologi mobile terkini.

 

Siswa akan mempelajari teknologi mobile serta database yang biasa digunakan dalam proses penyimpanan data dalam skala enterprise. Siswa akan belajar bagaimana membangun aplikasi untuk smartphone berbasis Android dan IOS.

Backend Engineer

Jurusan Backend Engineer bertujuan untuk membantu siswa menjadi seorang programmer backend system yang handal sesuai dengan perkembangan industri saat ini. Setelah masa pendidikan selama 8 bulan diharapkan siswa sudah dapat membangun sistem backend aplikasi yang handal.

Membuat sistem API yang baik dan aman, yang dapat digunakan oleh web aplikasi dan mobile aplikasi.

Siswa akan dilatih menggunakan teknologi dan bahasa pemrograman terkini yang biasa digunakan di dalam stack backend pada perusahaan teknologi informasi.

web - frontend engineer

Jurusan Web Frontend Engineer di khususkan bagi siswa yang memiliki minat pada teknologi web aplikasi. Selesai masa pendidikan selama 8 bulan, diharapkan siswa sudah dapat membangun sistem aplikasi web yang kompleks dengan menggunakan stack teknologi web terkini.

Siswa akan mempelajari teknologi web serta database yang biasa digunakan dalam proses penyimpanan data dalam skala enterprise.

Kelas Non Programming

Sahadhu juga membuka tiga kelas non pemrograman bagi siswa yang memiliki minat pada pekerjaan non programming. Ketiga kelas ini juga memiliki kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri saat ini.

it security engineer

Jurusan IT Security Engineer bertujuan untuk membantu siswa menjadi seorang yang ahli di bidang keamanan sistem informasi. Mampu menganalisa dan mengaudit keamanan dari satu sistem atau aplikasi komputer serta melakukan pengamanan pada suatu sistem atau aplikasi komputer.

Siswa akan dikenalkan berbagai metodologi, tools serta perangkat yang biasa digunakan di dalam industri. Siswa akan belajar bagaimana melakukan audit keamanan pada sistem berbasis desktop, server dan mobile.

ui/ux engineer

Jurusan UI/UX Engineer di khususkan bagi siswa yang memiliki minat pada desain grafis dan desain User Interface/Experience pada aplikasi. Selesai masa pendidikan selama 8 bulan, diharapkan siswa sudah dapat menghasilkan desain grafis dan UI pada aplikasi yang baik dan bagus, baik mobile dan web.

Siswa akan mempelajari teknologi web serta database yang biasa digunakan dalam proses penyimpanan data dalam skala enterprise.

devops engineer

Jurusan DevOps Engineer di khususkan bagi siswa yang memiliki minat pada teknologi infrastruktur dan jaringan komputer. Selesai masa pendidikan selama 8 bulan, diharapkan siswa sudah dapat membangun sistem infrastruktur yang kompleks dengan menggunakan stack teknologi terkini.

 

Siswa akan mempelajari cara konfigurasi komputer dan jaringan, membangun sistem monitoring dan membuat automasi CI/CD yang biasa digunakan pada perusahaan.

Pelajaran Agama

Sahadhu mewajibkan setiap siswa untuk mengikuti pelajaran Agama Islam, berupa Bahasa Arab, Pelajaran Tauhid Dasar, Pelajaran Aqidah Dasar dan Pelajaran Adab Dalam Menuntut Ilmu.

Kitab ini berisi materi-materi ilmu nahwu. Ilmu nahwu adalah ilmu grammar dalam Bahasa Arab. Siapapun yang sedang mempelajari bahwa Arab pasti akan mempelajari Ilmu nahwu terlebih dahulu. Kitab Jurumiyah ini mempersembahkan materi nahwu yang praktis dan ringkas, tujuannya adalah memberikan fondasi ilmu alat yang kuat dan mudah dimengerti oleh para siswa.

Kitab Al Jurrumiyah

Kitab ini berisi materi tentang pondasi-pondasi dasar dalam Agama Islam seperti Rukun Islam, Rukun Iman, Keluarga Nabi SAW dan lain sebagainya. Para santri sebagai calon Dai yang akan terjun ke masyarakat harus mengetahui betul dasar-dasar Agama yang akan diajarkannya. Kitab Aqidatul Awwam ini menjadi pembuka pengetahuan agama bagi para pemula

Kitab Aqidatul Awam

Kitab ini berisi materi tentang pembentukan struktur kata dalam bahasa Arab, atau biasa disebut Ilmu Sharaf. Kitab ini tidak menjelaskan teori sharaf secara deskriptif, namun menyediakan kata-kata dalam bahasa Arab yang umum digunakan dan perubahan-perubahannya. Kitab ini menjadi kitab wajib yang harus dipelajari para siswa dalam rangka belajar Bahasa Arab.

Kitab Al Amsilatu Tashrifiyah

Kitab ini berisi materi tentang materi-materi fiqh dalam lingkungan mazhab Syafi’i. Kitab ini cocok untuk menjadi konsumsi bacaan umum bagi masyarakat Indonesia termasuk para siswa. Kitab ini menggunakan kata-kata sangat yang mudah dipahami dan mudah diingat. Pembahasan fiqh yang disediakan juga luas pada umumnya. Cukup untuk menjadi rujukan ibadah dan muamamalah sehari-hari.

Kitab Safinatun Najah

5452180_11ca1766-d181-4990-9905-0e89730d

Kitab ini menjelaskan materi tentang adab-adab seorang pelajar dalam menuntut ilmu. Kitab ini menjadi undang-undang yang berlaku di lingkungan pondok pesantren dalam hal tata krama belajar. Bagaimana memuliakan guru, memilih teman, memperlakukan kitab-kitab dan sebagainya, semuanya dijelaskan dalam kitab ini.

Kitab Ta'limul Muta'alim

kitab ini menjelaskan materi seputar ilmu fiqh di lingkungan Mazhab Syafi’i. Kitab ini adalah syarah dari kitab Matan Taqrib karangan Syekh Abu Syuja’ Asy-Syafi’iy. Di lingkungan pesantren biasanya kitab ini menjadi kitab terusan setelah mempelajari kitab Safinatun Najah dan Taqrib. Dalam kitab ini pembahasan fiqh di susun dengan sangat rapih, yakni disediakan dalam bab perbab lalu di rinci dalam fasal per-fasal.

Kitab Fathul Qorib

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

 

“Dan Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya ketika hamba-Nya tersebut menolong saudaranya.” 

 

(HR. Muslim no. 2699)